3 Tips Bermanfaat Untuk Melacak Kemajuan Kebugaran Kamu

Memaksimalkan hasil program latihan Kamu melibatkan banyak hal. Tetapi melacak kemajuan Kamu dan menyesuaikan latihan Kamu untuk beradaptasi dengan kebutuhan tubuh dan kebugaran Kamu adalah yang paling penting dari semuanya.

Olahraga sekarang menjadi bagian integral dari hidup sehat. Berolahraga secara teratur dan memperhatikan apa yang Kamu makan tidak hanya akan membantu Kamu menurunkan berat badan tetapi juga akan mengurangi risiko penyakit kronis tertentu termasuk diabetes tipe-2 dan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Selain itu, tetap bugar dapat menjadi sumber peningkatan kepercayaan diri dan harga diri. Kamu akan memiliki kumpulan energi yang memungkinkan Kamu menjalani aktivitas hari Kamu dengan tujuan dan semangat.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Kamu melacak kemajuan kebugaran Kamu.

1. Lakukan Beberapa Pengukuran

Pelacakan kebugaran membutuhkan titik awal dan itulah mengapa Kamu perlu mengukur tubuh Kamu. Jangan hanya fokus pada berat badan. Sebaliknya, periksa komposisi tubuh secara keseluruhan yang memecah persentase lemak dan otot di sana.

Setelah Kamu memiliki pengukuran ini, lacak selama latihan Kamu. Biasanya, tubuh Kamu akan berubah tergantung pada jenis rencana latihan yang Kamu miliki.

Jika itu melibatkan latihan kekuatan dan angkat beban, kemungkinan Kamu akan mengembangkan lebih banyak otot dan kehilangan lemak ekstra.

Bagi orang yang hanya fokus sepenuhnya pada kardio, penurunan berat badan secara keseluruhan akan tercapai termasuk hilangnya massa otot dan lemak. Either way, tubuh Kamu akan menjadi lebih ramping dan lebih jelas dari sebelumnya.

2. Buat Jurnal

Sebuah jurnal memungkinkan Kamu untuk menyimpan catatan latihan Kamu dan bagaimana hal itu mempengaruhi tubuh Kamu.

Misalnya, jika rencana latihan Kamu diarahkan pada penurunan berat badan, Kamu dapat mencatat berapa banyak berat badan yang hilang setelah periode tertentu.

Pastikan Kamu juga mencatat latihan yang Kamu lakukan selama periode itu dan apa yang Kamu makan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi rutinitas latihan yang memberikan hasil maksimal tanpa terlalu membebani tubuh Kamu.

Selain itu, membuat jurnal kebugaran juga sangat mengasyikkan. Kamu dapat menggunakannya sebagai kenang-kenangan dari kerja keras yang telah Kamu lakukan untuk menjadi bugar.

3. Lacak Semua Latihan

Seperti disebutkan di atas, akan ada latihan tertentu yang akan memberikan hasil yang lebih baik daripada yang lain.

Latihan semacam itu perlu diidentifikasi dan ini hanya dapat terjadi jika Kamu melacak secara akurat apa yang Kamu lakukan. Ada banyak cara untuk melakukannya termasuk membeli jam tangan Apple bekas untuk kebugaran.

Intinya, yang paling penting adalah mencatat teknik dan volume latihan. Misalnya, jika Kamu membangun kekuatan melalui angkat besi, berapa kilogram Kamu melakukan bench press?

Berapa set dan berapa repetisi? Bagaimana angka-angka ini berubah dari waktu ke waktu? Apakah Kamu mampu mengangkat lebih banyak atau lebih sedikit? Informasi ini akan sangat penting dalam menyusun rencana latihan yang paling cocok untuk Kamu.

Kesimpulan

Menyesuaikan latihan Kamu untuk beradaptasi dengan kebutuhan tubuh dan kebugaran Kamu adalah cara termudah untuk mencapai tingkat kebugaran tertinggi.

Tapi semuanya dimulai dengan melacak latihan Kamu dan dengan tips di atas, seharusnya mudah untuk melakukan ini.

Rate this post
Share Jika Bermanfaat Ya 🙂

Leave a Comment